HUBUNGAN KKN DENGAN MASYARAKAT

Sabtu, 11 Januari 20140 komentar

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus. Sekaligus sebagai proses pembelajaran serta pengabdian kepada masyarakat yang sedang membangun dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang sedang dihadapi. KKN dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi dalam upaya meningkatkan misi dan bobot pendidikan pada mahasiswa.

Kuliah kerja nyata secara langsung akan menunjukkan keterkaitan langsung antara dunia pendidikan dan upaya perwujudan kesejahteraan masyarakat. KKN (Kuliah Kerja Nyata) dilaksanakan dimasyarakat di luar kampus dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan untuk melaksanakan pembangunan yang makin meningkat serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara landasan teori yang diperoleh dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat secara nyata. Bagi mahasiswa, kegiatan KKN merupakan pengalaman belajar baru yang sebelumnya tidak diperoleh di dalam kampus. Dengan selesainya KKN, mahasiswa memiliki pengetahuan, kemampuan dan kesadaran baru akan arti bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Kecamatan Simpang Tiga adalah salah satu Kecamatan yang terdapat di Kabupaten Aceh Besar. Kemudian salah satu gampong yang akan kami tinjau pada saat KKN adalah gampong Ateuk Cut. Dimana mayoritas umum pekerjaan masyarakatnya sebagai petani padi, yang kesehariannya menghabiskan waktu di persawahan. Selain itu, sebagian mata pencaharian penduduknya berada pada lembaga-lembaga kepemerintahan dan juga sebagai pengusaha atau pedagang. 




Share this article :
 
Support : Profil Kelompok | | | |
Copyright © 2014. Gampong Ateuk Cut
Hasil olahan Bang Khadafi
Proudly powered by Blogger