MAHASISWA DAN MASYARAKAT SEMARAKKAN GOTONG ROYONG DAN PENGHIJAUAN LINGKUNGAN

Jumat, 14 Februari 20140 komentar

Ateuk Cut- Mahasiswa KKN Unsyiah mengadakan Kegiatan Penghijauan Lingkungan dan Gotong Royong Bersama, Minggu, 8 Februari 2014, di Gampong Ateuk Cut Kecamatan Simpang Tiga Aceh Besar, Acara tersebut dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Ibu Melinda, S.T, M. Sc, kegiatan tersebut mengusung tema: “lingkungan sehat demi generasi kita”. Tema itu diangkat demi meningkatkan kembali semangat gotong royong di desa tersebut. Saudara Khadafi (ketua KKN) bertindak sebagai koordinator kegiatan di hari itu.

Dari hasil survei dan wawancara dengan Geuchik Gampong dan Aparatur Desa Ateuk Cut tentang permasalahan yang di hadapi dalam bidang lingkungan hidup yaitu masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk gotong royong karna disebabkan oleh berbagai persoalan ekonomi yang harus mereka hadapi, ini mengakibatkan kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan penghijauan. Peran masyarakat dalam menggalakkan penghijauan sangat dibutuhkan dalam upaya menata dan memelihara kelestarian lingkungan. Dengan proses penghijauan akan menimbulkan keindahan dan kebersihan yang membuat manusia dan ekosistem yang lain dapat hidup dengan jangka waktu yang lebih lama.

Kami berharap, acara yang semacam ini mestinya rutin dilakukan, karena mengingat dengan adanya gotong royong  kedepan diharapkan bisa menjadi alternatif  dalam menata dan melestarikan lingkungan hidup di wilayah Gampong Ateuk Cut Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Disamping itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai insan lingkungan yang mempunyai sikap, tindak menata, memulihkan dan membina lingkungan hidup. Ujar Khadafi- ketua kkn gampong ateuk cut.
Dari pagi hari acara dihadiri oleh puluhan masyarakat yang antusias dalam kegiatan penghijauan lingkungan dan gotong royong bersama. Juga terlihat sejumlah anak-anak dari usia 7 sampai 12 tahun juga ikut berpartisipasi dalam kegitan ini, salah seorang anak desa ateuk cut yang bernama Uli (nama panggilan) sangat senang bisa bermain sambil gotong royong bersama kakak-kakak dan abang-abang kkn, “ujar uli sambil tersenyum”

Bibit pohon yang di tanam berasal dari bantuan dari BPDAS-Krueng Aceh dengan jenis bibit: mahoni, trembesi, angsana, dan bibit nangka berjumlah 190 batang bibit yang diterima langsung di gampong ateuk cut dengan kondisi yang masih utuh dan sehat.

Menurut Adnan Juned, S.Sos (Keuchik Gampong), hari ini mahasiswa dan masyarakat sangat kompak melaksanakan kegiatan penghijauan dan gotong royong demi terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih.

Terlihat dari sudut kamera mahasiswa kkn dan masyarakat sangat antusias dan bergembira

Share this article :
 
Support : Profil Kelompok | | | |
Copyright © 2014. Gampong Ateuk Cut
Hasil olahan Bang Khadafi
Proudly powered by Blogger