PEMBUATAN ALAT PERMAINAN TRADISIONAL TEROMPAH PANJANG (BAKIAK) DAN EGRANG BATOK KELAPA

Minggu, 09 Februari 20140 komentar

Salah satu permainan tradisional adalah terompah panjang. Permainan ini sering juga disebut sandal panjang dan sering dimainkan oleh anak – anak baik pria atau pun wanita dari usia 8 - 12 tahun, bahkan orang dewasa juga bisa memainkan permainan sandal panjang ini dalam suatu acara atau perlombaan tertentu. Permainan tersebut bisa dimainkan oleh 3 – 5 orang dalam 1 sandal.

Yang kedua adalah permbuatan egrang batok kelapa. Banyak manfaat yang bisa diambil dari Egrang Batok ini. Diantaranya memberikan kegembiraan pada anak, mengasah kreativitas anak serta melatih motorik halus dan motorik kasar anak. Selain itu, Egrang Batok juga melatih semangat anak dan mengajarkan anak untuk dapat memanfaatkan bahan di sekitar.

           Dalam kegiatan ini saya berperan sebagai pembuat alat permainan tradisional, adapun alat-alat yang harus dipersiapkan untuk membuat terompah panjang adalah menyediakan papan secukupnya untuk alas kaki,  menyediakan alat untuk penjepit kaki (seperti karet ban), menyediakan paku untuk menyatukan papan alas kaki dengan penjepit kaki, meyediakan kertas pasir untuk menghaluskan alas kaki.



Untuk membuat Egrang Batok Kelapa cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan di pasaran. Hanya dengan bahan tempurung kelapa atau yang familiar disebut batok, tali dan alat untuk melubangi batok, kita sudah dapat membuat Egrang Batok Kelapa.

                             
Share this article :
 
Support : Profil Kelompok | | | |
Copyright © 2014. Gampong Ateuk Cut
Hasil olahan Bang Khadafi
Proudly powered by Blogger